Puan: Kalau Saya Bicara, Menteri-menteri di Bawah Nggak Bisa Bicara

Sponsored

Menteri Puan Maharani menanggapi tentang kebiasaannya hemat bicara, dan menteri yang satu ini biasanya hanya bicara sesuai dengan kementerian yang dipimpinnya.
  


RMOL. Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, membeberkan alasan kebiasaan dirinya irit bicara. Bukan karena terbebani masa lalu atau dirinya tidak tahu apa-apa, namun karena Puan mau bicara hal-hal yang penting saja.

"Ada yang bilang mungkin Mbak Puan beban psikologis karena masa O‎rde Baru atau peristiwa 27 Juli sehingga sulit bicara. Bukan. Saat waktunya bicara saya akan bicara," jelas Puan saat membuka Show & Contest Batu Nusantara di Intermark Mixed Used Development, BSD, Tangerang Selatan, Kamis (27/8).

Di posisinya sebagai Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan juga sedikit ngerem bicara. Hal itu dilakukan agar Kementerian yang berada di bawah koordinasinya lebih aktif bicara masalah masing-masing.

"Kalau saya ngomong, temen-temen di bawah nggak bisa ngomong," imbuh Puan dalam acara yang digelar Rakyat Merdeka tersebut.

Saat ini Puan juga tidak mau banyak bicara soal politik. Alasannya, dia sedang berusaha mentransformasikan diri dari politisi ke Menko yang profesional. Maka, hanya pertanyaan-pernyataan seputar Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang akan dia jawab.

Untuk urusan politik, sebagai petinggi PDIP, Puan mengaku memang sangat dekat dengan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla. Tapi dirinya tidak mau membeberkan persoalan politik yang terjadi.

"Saya bukan jubir Presiden ataupun jubir Wapres. Ini mungkin sedikit menyimpang, tapi mumpung di Rakyat Merdeka saat bicara ini," ucapnya.

Sejumlah pejabat hadir di acara itu. Selain Puan ada juga Ketua DPR Setya Novanto, Menteri Perindustrian Saleh Husein, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, Gubernur Banten Rano Karno, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Dainy, dan Bupati Lebak Iti Jayabaya.

Ketua Umum Hanura yang juga Ketua Dewan Pembina Asosiasi Batu Mulia Indonesia Wiranto juga hadir. Mendagri Tjahjo Kumolo bahkan datang untuk memamerkan batu koleksi miliknya di pameran itu, sayang tak ikut dalam pembukaan. [zul]

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos