Penyebab dan Kronologis Perkelahian Anggota DPR waktu Rapat dengan Menteri ESDM

Sponsored

Mustofa Assegaf PPP
Mustafa Assegaf, Fraksi PPP

Rapat Kerja Komisi VII DPR-RI dengan Menteri ESDM, Sudirman Said yang berlangsung sore ini tadi diwarnai kericuhan. Diawali baku hantam antara Mustofa Assegaf, PPP dan Muljadi, Demokrat yang juga pimpinan rapat. 
Pemukulan atas Mulyadi dinilai sebagai penganiayaan
Muljadi, Demokrat
Dua anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terlibat perkelahian saat rapat kerja dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (8/4). Akibat keributan itu, rapat sempat terhenti beberapa saat.
Kedua anggota komisi VII DPR itu diketahui bernama Muljadi dari Fraksi Partai Demokrat dan Mustofa Assegaf dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Belum diketahui penyebab keributan keduanya.
Salah seorang saksi mengaku keributan kedua orang itu hanya berlangsung singkat. "Ributnya tidak lama," ujar saksi tersebut.
Melihat keributan yang dilakukan di belakang ruang sidang Komisi VII, dua anggota pamdal langsung turun tangan melihat perkelahian. Belum didapati informasi lebih jauh atas kejadian tersebut.
Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Didik Mukriyanto membantah bahwa telah terjadi perkelahian antara Anggota Fraksi Demokrat Mulyadi dengan Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan Mustofa Assegaff. Menurut dia, yang terjadi adalah penganiayaan yang dilakukan oleh Mustofa terhadap Muljadi.
"Saya telah minta konfirmasi ke Pak Mulyadi. Ada pemukulan terhadap beliau oleh anggota Fraksi PPP Mustofa," kata Didik saat dihubungi, Rabu (8/4/2015).
"Tiba-tiba bogem melayang ke Pak Mul," lanjut Didik.
Didik mengaku telah meminta Mulyadi untuk mengambil tindakan hukum yang diperlukan ke kepolisian. Langkah ke Mahkamah Kehormatan Dewan juga akan dilakukan. "Kami memandang ini sebuah penganiayaan, masuk delik tindak pidana," ucapnya.
Namun, laporan ke MKD itu tidak dilakukan hari ini. Rencananya, malam ini Mulyadi akan melakukan visum.
"Teman-teman MKD saat ini telah pulang. Mungkin besok. Hari ini visum dulu," ucapnya.
Dua anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat terlibat perkelahian seusai rapat kerja dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/4/2015).

Hingga saat ini belum diketahui penyebab kejadian secara pasti. Salah seorang saksi mengatakan, keributan kedua orang itu hanya berlangsung singkat. Perkelahian berlangsung di bagian belakang ruang rapat.
Juru Bicara Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, Arsul Sani, telah meminta maaf atas ulah anggota Fraksi PPP Mustofa Assegaf yang berkelahi dengan anggota Fraksi Demokrat Mulyadi. Arsul mengatakan, fraksi menyerahkan sepenuhnya Mahkamah Kehormatan Dewan jika memang ada sanksi yang diberikan.
"Terlepas apapun penyebab kejadian ini F-PPP minta maaf kepada masyarakat. Ini kejadian memalukan," kata Arsul.

Perkelahian terjadi di antara dua anggota DPR, yakni Mulyadi (Fraksi Demokrat) dengan Mustofa Assegaf (Fraksi Partai Persatuan Pembangunan). Keributan itu terjadi saat rapat kerja Komisi VII DPR dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/4/2015) malam.

Mulyadi pun menceritakan kronologi kejadian tersebut kepada Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Didik Mukriyanto. Menurut Didik, Mulyadi yang merupakan Wakil Ketua Komisi VII dan pimpinan sidang saat itu mengingatkan Mustofa untuk tidak menggunakan hak bicara terlalu lama. Namun, Mustofa justru tidak memperhatikan batas waktu yang telah diberikan itu.
"Kemudian diingatkan oleh Pak Mul, lalu terjadi debat," kata Didik saat dihubungi.
Setelah itu, lanjut Didik, Mulyadi pergi ke kamar mandi yang ada di belakang ruang rapat. Mustofa mengikuti langkah Mulyadi. Di sana, perdebatan terjadi lagi. Mulyadi kembali mengingatkan bahwa Mustofa telah melanggar tata tertib karena bicara lebih dari waktu yang ditentukan.
"Tiba-tiba bogem melayang. Pak Mul tidak siap. Ini bukan berantem. Ini telah temasuk penganiayaan," ucapnya.
Fraksi Demokrat, kata Didik, mendukung Mulyadi untuk mengambil langkah hukum, baik ke Kepolisian maupun ke Mahkamah Kehormatan Dewan.
Seperti diberitakan, dua anggota Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat terlibat perkelahian seusai rapat kerja dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu.
Hingga saat ini, penyebab kejadian belum diketahui secara pasti. Salah seorang saksi mengatakan, keributan itu hanya berlangsung singkat. Perkelahian berlangsung di bagian belakang ruang rapat.
Juru Bicara Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani, telah meminta maaf atas ulah anggota Fraksi PPP, Mustofa Assegaf, yang berkelahi dengan anggota Fraksi Demokrat, Mulyadi. Arsul mengatakan, fraksi menyerahkan sepenuhnya kepada Mahkamah Kehormatan Dewan jika memang ada sanksi yang diberikan atas hal ini.

Sponsored
Copyright 2011. All rights reserved.
artist photos